Segenggam Kacang Sehari Dapat Menjauhkan Penyakit Jantung


Penelitian terbaru dari para ilmuwan Skandinavia menunjukkan bahwa mengonsumsi segenggam kecil kacang setiap hari dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Setelah meninjau 60 studi, para peneliti menemukan bahwa sekitar 30 gram kacang per hari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20 hingga 25%. Meskipun makan lebih banyak kacang tampaknya memberikan manfaat yang lebih besar, bahkan jumlah kecil sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Menariknya, tidak ada jenis kacang tertentu yang paling menonjol, meskipun almond, pistachio, dan kenari tampak paling efektif dalam menurunkan kolesterol.


Kabar baiknya adalah, Anda bisa memilih kacang yang paling Anda sukai dan tetap mendapatkan manfaat kesehatannya bagi jantung. Meskipun kacang tanah, yang sebenarnya adalah legum, menawarkan manfaat kesehatan yang serupa, kacang mentah, dipanggang, atau tanpa garam adalah pilihan terbaik untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Menjaga kolesterol tetap rendah sangat penting untuk mencegah aterosklerosis, suatu kondisi di mana lemak menumpuk di arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Meskipun penelitian ini tidak membuktikan secara pasti bahwa kacang langsung menurunkan kolesterol, studi ini menunjukkan hubungan yang kuat antara konsumsi kacang dan kesehatan jantung yang lebih baik. Meskipun kacang tidak boleh menggantikan pengobatan utama untuk kolesterol tinggi, mereka mungkin memiliki peran penting dalam mencegahnya dan mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

0 comments