Topan "Gaemi" Melanda Banyak Wilayah di Tiongkok, Pemerintah Komunis Tiongkok Menekan Pencarian Terpopuler


Topan kuat "Gaemi" melintasi Taiwan dan mendarat di Fujian, Tiongkok pada malam 25 Juli. Pada 26 Juli, topan ini bergerak menuju Zhejiang, Jiangxi, dan daerah lainnya, memengaruhi lebih dari 10 provinsi di Tiongkok. Warganet dari berbagai tempat menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh topan, tetapi pemerintah komunis Tiongkok meremehkan berita tersebut.

Menurut prakiraan dari departemen meteorologi pusat, pada sore hingga malam 26 Juli, topan "Gaemi" mendarat kembali di pesisir antara Fuding dan Jinjiang, provinsi Fujian. Pada sore 25 Juli, topan "Gaemi" telah mendarat kedua kalinya di pesisir Kota Putian, dengan kekuatan angin maksimum mencapai level 12 atau lebih, pohon besar tumbang, dan pejalan kaki terbalik tertiup angin.



Warganet dari Kabupaten Pingtan, Kota Fuzhou: "Dini hari ini (26 Juli), topan Gaemi kembali bergerak ke arah Pingtan, pohon-pohon di Pingtan benar-benar tumbang satu demi satu, papan reklame di sepanjang jalan juga rusak parah."

Akibat topan, aktivitas di Kota Fuzhou terganggu. Pada 25-26 Juli, banyak tempat menghentikan kegiatan, termasuk pekerjaan, sekolah, dan layanan kereta cepat.

Warga Fuzhou, Nyonya Wang: "Di Fuzhou juga turun hujan sangat deras, daerah yang rendah tergenang, angin juga sangat kencang, banyak pagar di kota tumbang, semua jalan tol di dalam wilayah Fuzhou dihentikan, kereta cepat juga dihentikan."

Netizen dari Kabupaten Pingtan, Kota Fuzhou: "Yang paling utama adalah mobil-mobil di sini tertimpa pohon, para pemilik mobil benar-benar ingin menangis tapi tak bisa."

Menurut Kantor Pengendalian Banjir Provinsi Fujian, hingga pukul 06.00 tanggal 26 Juli, lebih dari 620.000 orang di Provinsi Fujian terdampak oleh topan.

Akibat topan, pada 26-27 Juli, provinsi-provinsi seperti Jiangxi, Fujian, Zhejiang, Guangdong, Hunan, dan Hubei akan mengalami hujan lebat.

Pada sore 26 Juli, topan “Gemi” memasuki Jiangxi, dan kota-kota seperti Ganzhou dan Nanchang mengalami angin kencang dan hujan lebat. Pada 27 Juli, topan akan bergerak keluar dari Jiujiang.

Warganet di Jiangxi: “Sungguh menakutkan, saat ini.”

Akibat topan, sejak 25 Juli, wilayah pesisir Zhejiang mengalami hujan lebat dan beberapa daerah bahkan mengalami hujan lebat ekstrem. Angin kencang mencapai tingkat 9 hingga 11 di wilayah pesisir.

Warganet di Wenzhou, Zhejiang: “Topan sudah mendarat di Wenzhou. Apakah Anda melihat topan kategori 15?”

Video dari berbagai wilayah Zhejiang menunjukkan hujan deras, angin kencang, pohon tumbang, dan papan iklan terbang. Berbagai benda terbawa angin dengan suara gemuruh. Di Pantai Jinshan, Wenzhou, gelombang setinggi lebih dari sepuluh meter terjadi.

Sungai Qiantang di Zhejiang juga mengalami gelombang besar. Seorang pria melakukan siaran langsung dari dekat air pasang, dan saat gelombang besar datang, banyak orang berteriak, “Lari cepat!”

Warga Zhejiang: "Cepat lari, cepat naik, jangan sampai celaka."

Topan Gaemi melanda Taiwan Selatan pada 24 Juli, dengan kekuatan angin maksimum mencapai level 16. Menurut statistik pihak Taiwan, hingga pukul 8 malam 25 Juli, topan telah menyebabkan 5 orang meninggal dan 531 orang terluka.

Namun, pemerintah Tiongkok meremehkan dampak topan Gaemi. Hingga dini hari 27 Juli, dari 50 berita hot di Sina dan 15 berita hot di Baidu, tidak ada satu pun yang melaporkan tentang topan "Gaemi".



0 comments