Banjir Juga Melanda Xinjiang dan Gansu, Nyaris Separoh Daratan Tiongkok Terendam Air

Pada Juli 2024, banjir terjadi di Kota Longnan, Provinsi Gansu. Banyak mobil tersapu banjir. (video screenshot)


Li Chengyu
________________


Sejak Juni tahun ini, banjir terus melanda di berbagai tempat di Tiongkok dari wilayah selatan hingga Utara. Beberapa hari yang lalu, banjir bahkan melanda Provinsi Gansu, Xinjiang yang selama ini selalu kekurangan air. Sampai berita tersebut diturunkan belum diketahui berapa jumlah korbannya.

Sejak 22 Juli, hujan deras terus berlanjut di Kota Longnan, Provinsi Gansu, Tiongkok sehingga menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor terjadi di banyak tempat. Media resmi Partai Komunis Tiongkok kecuali menerbitkan peringatan bencana dan saran “bantuan darurat”, mengelak memberikan informasi tentang tragisnya situasi banjir.

Banyak rekaman video yang beredar di Internet menunjukkan, pemandangan mengerikan berupa tanah longsor di daerah perbukitan setempat, banjir bandang yang menghancurkan jalan dan jembatan, persawahan, rumah-rumah penduduk, dan menghanyutkan sejumlah besar kendaraan. Korban bencana di banyak tempat terisolasi dari dunia luar dan berada dalam situasi sulit karena tidak ada bantuan.


Menurut laporan media lokal, hujan lebat tiba-tiba turun di Kotapraja Tielek, Kabupaten Wuqia, Xinjiang pada 15 Juli, menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor sehingga ada kendaraan bantuan yang tercebur ke dalam sungai, menewaskan 5 orang pemberi bantuan.

Selain itu, video banjir di Chifeng, Mongolia Dalam, juga sempat beredar di Internet beberapa hari lalu. Dalam video tersebut, air keruh berwarna kuning membawa sejumlah besar puing sedang mengalir ke sungai yang diduga telah kering selama bertahun-tahun. Arusnya semakin deras.


Ada netizen yang mengatakan: “Saya sampai seumur ini belum pernah mendengar tentang Mongolia Dalam kebanjiran.” Netizen lain menanggapi: “Liga Tongning dan Xing’an juga mengalami banjir. Saya yang berusia 50 tahun belum pernah melihat banjir sebesar ini.”

“Mongolia Dalam saja bisa kebanjiran… jangan-jangan separuh daratan Tiongkok telah terendam air.” (ET/sin/sun)


0 comments