5 Manfaat Kesehatan dari Teh Hijau


Dengan semakin mendekatnya musim panas, mari kita lihat lebih dekat minuman menyegarkan yang dinikmati di seluruh dunia. Dikenal karena lima manfaat kesehatan utamanya, teh hijau telah diseduh selama ribuan tahun.

Teh hijau telah lama dihormati dalam banyak budaya dan tradisi di seluruh Asia. Popularitasnya telah meroket di Barat, terutama di AS, dalam dua dekade terakhir. Mari kita lihat lima cara teh hijau dapat mendukung kesehatan fisik dan mental, dimulai dengan:



  1. Mendukung kesehatan kardiovaskular dan metabolik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 5 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan tekanan darah tinggi, diabetes, atau meninggal akibat penyakit kardiovaskular atau stroke.
  2. Meningkatkan energi dan fokus mental. Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Nutrition Bulletin menemukan bahwa teh hijau dapat meningkatkan suasana hati, fungsi kognitif, dan performa fisik. Teh hijau memberikan manfaat kewaspadaan yang terkait dengan kafein tetapi tanpa perasaan gelisah yang sering dialami dengan kopi.
  3. Cepat menenangkan dan merelaksasi. Theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh hijau. Ia menunjukkan efek anti-kecemasan dan juga menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Trends in Food Science and Technology menemukan bahwa teh hijau menghasilkan efek relaksasi tanpa mengantuk hanya 40 menit setelah dikonsumsi.
  4. Mungkin memperbaiki kesehatan tulang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Research menemukan bahwa komponen bioaktif teh hijau dapat membantu mengurangi risiko patah tulang dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.
  5. Meningkatkan sensitivitas insulin. Teh hijau dapat membantu melindungi terhadap diabetes. Ia juga dapat melindungi terhadap kenaikan dan penurunan cepat kadar gula darah. Penurunan ini menyebabkan kelelahan, iritabilitas, dan keinginan makan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi teh hijau bersama teh hitam dan kopi terkait dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Teh hijau adalah minuman yang lezat dan sehat yang sebaiknya menjadi bagian dari diet harian Anda. Teh hijau dapat disajikan panas dengan seiris lemon, dingin, atau bahkan dengan es. Ada banyak variasi yang bisa dipilih, jadi bereksperimenlah sampai Anda menemukan yang Anda suka.

0 comments