Kasus COVID-19 Ditemukan, Kota Ningbo, Zhejiang, Tiongkok Masuki Keadaan Darurat Hingga Semua Transportasi Umum Setop Beroperasi

Pada 10 Agustus 2021, orang-orang di Ningbo mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19. (STR/AFP via Getty Images)
LI JINFENG

Setelah kasus yang dikonfirmasi ditemukan di Distrik Zhenhai, Kota Ningbo, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, kota itu kini memasuki keadaan darurat Kelas I. Distrik Zhenhai akan ditutup sementara untuk penanggulangan pandemi. Seluruh jalur bus di kota itu setop beroperasi.

Menurut laporan media di daratan Tiongkok, karena situasi pandemi di Kota Ningbo, Zhejiang, Tiongkok kini mulai dari pukul 02.00 pada 7 Desember 2021, memasuki tanggap darurat Tingkat I. Tindakan darurat telah dimulai dan Distrik Zhenhai telah ditutup sementara untuk penanggulangan pandemi.

Pada saat yang sama, mulai 7 Desember, semua jalur bus dan jalur penumpang di Distrik Zhenhai akan ditangguhkan. Sedangkan taksi serta kenderaan online tidak akan dioperasikan di luar yurisdiksi. Sedangkan bagian operasi Jalur Transit Kereta Ningbo 2 akan dihentikan sementara waktu.

Semua wilayah di Distrik Zhenhai melarang masuknya warga non-penduduk dan membatasi keluar masuknya penduduk setempat. Bahkan, setiap rumah tangga hanya dapat menunjuk satu anggota keluarga untuk pergi keluar membeli keperluan harian pada setiap dua hari sekali. Kecuali untuk kebutuhan pencegahan pandemi dan perlindungan mata pencaharian masyarakat. Sementara itu, perusahaan lain di wilayah tersebut untuk sementara menangguhkan operasi, dan tempat-tempat yang tidak esensial untuk kehidupan sehari-hari diberhentikan beroperasi. Adapun, apotek di seluruh distrik menghentikan penjualan obat demam.

Sekolah dasar dan menengah di daerah terdampak untuk sementara dihentikan.Tak hanya itu, kegiatan berkumpul di tempat-tempat umum dihentikan. Kunjungan ke Panti jompo, panti asuh, dan institusi lainnya ditangguhkan. Upacara pernikahan juga ditunda serta pemakaman hanya boleh dilakukan dengan sederhana.

Expo Perdagangan Digital Global pertama, yang semula dijadwalkan akan diadakan di Hangzhou, Provinsi Zhejiang pada 6 Desember, akan ditunda hingga 24-27 Maret tahun depan karena dampak epidemi.


Aturan yang diberlakukan lainnya, sejak pukul 05.00 pagi pada 7 desember, semua penduduk (termasuk yang berada di kota-kota dari tempat lain) di Kota Xiepu, Kota Jiulonghu, Jalan Zhaobaoshan, Jalan Luotuo, Jalan Zhuangshi, Jalan Guisi dan lokasi test COVID-19 Distrik Petrokimia di Distrik Zhenhai. Selain itu,orang-orang yang menjalani test COVID-19 pada 5 dan 6 Desember akan diperiksa kembali sebagaimana mestinya.

Hasil pengurutan seluruh genom kasus lokal yang dikonfirmasi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Ningbo, menunjukkan bahwa virus epidemik adalah strain mutan delta.

Dilaporkan bahwa pada 6 Desember, Kota Ningbo secara resmi memberitahukan bahwa ada 3 kasus orang positif COVID-19 dalam kasus yang ditemukan pada 5 Desember di Distrik Zhenhai, Kota Ningbo. Mereka adalah pasutri dan ibu si suami.

Pada 6 desember, komunitas Linjiang di Distrik Zhenhai tempat kasus itu berada telah ditutup. Semua sekolah dasar dan menengah di Distrik Zhenhai juga akan ditangguhkan selama seari pada tanggal 6 desember. Komunitas Linjiang di Jalan Jiaochuan, Distrik Zhenhai dan Ningbo Alps Electronics Co., Ltd. terdaftar sebagai area berisiko sedang pada tanggal 6 desember.

Seorang pedagang di Distrik Linjiang, Ningbo, mengungkapkan kepada NTD pada 6 Desember bahwa orang di Distrik Linjiang hanya boleh masuk tapi tidak bisa keluar. Di pagi hari yang sama, ia menerima pemberitahuan yang meminta semua warga untuk melakukan tes COVID-19.”

Pebisnis di dekat Distrik Linjiang Ningbo mengatakan pada tanggal 6 desember bahwa tidak ada seorang pun yang terlihat di jalanan pada saat itu.

“Saat saya keluar untuk membeli bahan makanan pada jam 6 pagi, saya berkata untuk melihat situasi, ada begitu banyak orang di jalan, ada begitu banyak orang yang membeli bahan makanan, dan sekarang tidak ada orang di luar sana,” ujar warga itu.

Selain itu, mulai 6 Desember, semua penerbangan dari Bandara Ningbo ke Beijing telah dibatalkan. Beberapa tempat wisata di Ningbo Zhenhai juga telah mengeluarkan pemberitahuan penutupan sementara waktu. Semua klinik rawat jalan di Rumah Sakit Rakyat Distrik Zhenhai, Ningbo juga ditutup. (ET/hui/sun)

0 comments