CEO Parler: Algoritma Rahasia Facebook Diduga Adalah 'Orwellian'

 

Gambar ilustrasi ini memperlihatkan logo aplikasi media sosial dari Parler yang ditampilkan di smartphone di Arlington, Va., Pada 2 Juli 2020. (Olivier Douliery / AFP via Getty Images)

CEO
situs media sosial Parler menanggapi laporan tentang algoritma Facebook yang diduga mengurangi jangkauan situs berita alternatif dan mempromosikan media perusahaan.

John Matze, dalam sebuah wawancara dengan Fox News, mengatakan bahwa "algoritma internal rahasia adalah semacam Orwellian," mengacu pada novel distopia, "1984," oleh George Orwell.

Parler percaya bahwa orang harus membuat keputusan untuk diri mereka sendiri tentang apa yang mereka anggap hiperpartisan atau yang mereka yakini dan apa yang ingin mereka ikuti dan mereka dapat memilih sendiri di Parler tentang apa yang mereka ingin lakukan, "katanya.

The New York Times, mengutip sumber anonim, menduga Facebook mengubah algoritma setelah pemilu 3 November untuk mendukung CNN, NPR, NY Times, dan outlet berita lainnya di halaman tertentu seperti Breitbart News atau Occupy Democrats.

Matze menjelaskan bahwa dia percaya "adanya algoritma kronologis sederhana yang memungkinkan orang untuk menyaring dan menentukan apa yang ingin mereka lihat dan menurut saya itulah cara terbaik."

“Saya rasa tidak ada di antara kita yang menyukai konten hiperpartisan,” kata Matze. “Jadi, saat orang bisa memutuskan sendiri apa yang mereka yakini dalam norma masyarakat dan apa yang ingin mereka bicarakan, kita harus membiarkan mereka memilih sendiri.”

Menanggapi laporan NY Times, juru bicara Facebook Joe Osborne mengatakan kepada media bahwa "ada banyak variabel yang berperan dalam setiap keputusan produk yang kami buat, semuanya bertujuan untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi orang-orang." Dia tampaknya tidak mengkonfirmasi atau menyangkal apakah algoritma yang dilaporkan berpengaruh untuk mengurangi jangkauan outlet berita tertentu.

“Penegasan dalam laporan ini didasarkan pada sumber yang tidak memiliki otoritas pengambilan keputusan produk dan menyampaikan kesan sempit mereka sendiri tentang bagaimana proses kami bekerja,” lanjut Osborne. Salah satu media independen, The Epoch Times di AS telah menyadari bahwa jangkauan halaman mereka di Facebook telah menurun sejak Hari Pemilihan.

“Kami tidak berpura-pura menjadi ahli tentang berita atau berpura-pura menjadi ahli tentang pemeriksaan fakta," tambah Matze tentang platform pemula. “Kami hanya menawarkan platform kepada orang-orang dan membiarkan orang lain memutuskan apa yang mereka inginkan dan ingin terlibat dengan apa, dan menurut saya itulah cara yang tepat untuk melakukannya.”

Selama beberapa minggu terakhir, CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Twitter Jack Dorsey mendapat kecaman dari anggota parlemen Republik karena menyensor outlet berita konservatif, opini, dan beberapa artikel. Mereka menyarankan bahwa Komisi Komunikasi Federal (FCC) perlu mengubah undang-undang Pasal 230 yang melindungi perusahaan media sosial dari tuntutan hukum.

https://bit.ly/2V4C01Q

0 comments